Urutan-urutan Tata Cara Berwudhu dengan Benar

Bismillah...

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga gambar ilustrasi 'Tata Cara Berwudhu' sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam. Wallahu a’lam

Pertama-tama, mencuci ke dua tangan dan membersihkan pada tiap sela-sela jari (hukumnya mustahab).

Kedua, berkumur-kumur (hukumnya mustahab) dan dibarengi atau bersamaan dengan menghirup air ke dalam hidung, lalu kemudian dikeluarkan lagi dari hidung (hukumnya wajib bukan rukun).  Seperti pada gambar di bawah :

 


Ketiga, mencuci seluruh mukanya (hukumnya wajib rukun) sebanyak 3 (tiga) kali dan menyela-nyela jenggot dengan jari-jari tangan bagi yang memiliki jenggot. Seperti gambar di bawah ini :



Keempat, membasuh / mencuci kedua tangan sampai siku dengan mendahulukan tangan kanan baru kemudian tangan kiri sebanyak 3 kali (hukumnya wajib rukun).



Kelima, mengusap kepala dengan tangan basah (tidak membawa air) dilanjutkan mengusap telingga. Lakukan bagian ini hanya sekali, jadi dilakukan dalam satu gerakkan / usapan tangan yang basah dari kepala bagian depan di atas wajah ke belakang sampai tengkuk. Lalu kemudian usapan kembali ke depan dan dilanjutkan dengan mengusap kedua telinga. Lihat contoh pada gambar berikut :



Terakhir adalah membasuh / mencuci kedua kaki sampai mata kaki (bulatan di pergelangan kaki) hukumnya rukun wajib (afdhol lakukan 3 kali tiap kaki).



Di kemudian hari kami akan memuat ilustrasi 'Tata Cara Sholat'. Insya Allah....
Diberdayakan oleh Blogger.